Digelar Oktober, Ini Persiapan Pekan Raya Lampung 2023

 Digelar Oktober, Ini Persiapan Pekan Raya Lampung 2023

PRL2023 – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung terus menggencarkan pembahasan persiapan pelaksanaan pekan raya Lampung (PRL) tahun 2023.

Itu terlihat dari beberapa kali rapat yang dilakukan Pemprov Lampung bersama pihak terkait membahas persiapan PRL tahun 2023.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setprov Lampung Kusnardi mengatakan, PRL tahun 2023 dijadwalkan akan dilaksanakan pada Oktober 2023.

Pelaksana PRL akan dilaksanakan di Pusat Kegiatan Olahraga (PKOR) Way Halim, Kota Bandar Lampung.

“Pekan raya ancar-ancarnya (perkiraan pelaksanaan,red) bulan Oktober selama satu bulan. Nanti kita lihat jadwal pastinya. Bisa 20 hari atau 30 hari,” ujar Kusnardi pada Minggu 30 Juli 2023.

Disinggung persiapan PRL tahun 2023 telah sejauh mana, Kusnardi mengungkapkan pihaknya telah melakukan pembahasan dengan para event organizer (EO) yang berminat melaksanakan PRL.

Di mana, Kusnardi mengaku banyak EO yang berminat untuk menjadi penyelenggara PRL tahun 2023 ini.

Pihaknya pun telah melakukan seleksi mana yang paling layak menyelenggarakan PRL tahun 2023 terhadap para EO tersebut.

“Ada banyak (EO yang berminat, red). Cuma yang kita seleksi ada 6 EO yang layak,” ungkap.

Keenam EO tersebut diajukan kepada Sekda maupun Gubernur Lampung. Di mana, nantinya mereka yang akan memutuskan EO mana yang terpilih.

“Nanti yang nunjuk pak gubernur atau sekda. Keenam EO itu kita ajukan ke beliau-beliau. Keputusan ada di mereka,” ucapnya.

Pada rapat terakhir yang dilakukan, lanjut Kusnardi pihaknya telah membahas terkait darf kontrak pelaksanaan PRL tahun 2023.

“Ya kita bahas mengenai draf kontrak. Nanti kalau sudah ada EO yang terpilih kita bahas lagi kontrak dari kita,” ungkapnya.

Disinggung terkait kesiapan para peserta yang akan mengikuti PRL 2023, Kusnardi menyebut 15 kabupaten/kota siap berpartisipasi pada PRL tahun 2023.

Begitu juga dengan Forkopimda, menurut Kusnardi akan diundang semua untuk ikut partisipasi pada PRL tahun 2023.

“Namanya terkait pembangunan. Maka segala bidang akan kita undang dan libatkan,” terangnya.

Begitu juga saat ditanya mengenai konsep yang berbeda dari sebelum-sebelumnya, Kusnardi mengklaim ada.

“Tentu ada perbedaan. Karena setiap tahun berbeda apalagi kedepannya ada industri 4.0 dan lainnya. Kita lihat kedepan Lampung seperti apa, apa yang sudah disiapkan, apa yang sudah dibangun selama ini. Pasti ada perbedaaan,” tuturnya.

Diketahui, PRL atau sebelumnya dikenal Lampung Fair telah sekitar tiga tahun tidak diselenggarakan akibat pandemi Covid-19.

Setelah tiga tahun tidak dilaksanakan, Pemprov Lampung tahun 2023 di bulan Oktober mendatang akan kembali menggelar PRL.(*)